Selasa, 20 September 2011

HP bisa digunakan untuk remote laptop/netbook/desktop

Untuk membantu presentasi powerpoint kita di kelas kita bisa menggunakan HP (hand phone) untuk mengganti-ganti slide di laptop kita. Dengan demikian di mata siswa, kita akan terlihat sebagai pengajar yang canggih, gak ketinggalan jaman, gak gatek dan woooke!
Sudah saya buktikan di kelas-kelas yang saya ajar. Siswa tampak takjub dan terpukau, "Kok bisa HP Kakak jadi remote laptop?"


HP yang digunakan harus memiliki software bluetooth dan java.




Gak ada lagi cerita kalo kita harus terus-menerus nongkrongin laptop di depan kelas untuk menayangkan slide materi pelajaran kita. Kita akan lebih bebas bergerak dan bermanuver di seluruh penjuru ruang kelas tanpa harus terpaku di depan laptop.

Untuk dapat mengendalikan laptop kita dengan HP kita cuma butuh software pembantu yang kecil ukurannya dan gratis lagi. Donlot aja langsung: Mobilewitch Bluetooth RemoteControl.

      Setelah didownload, install terlebih dahulu Mobilewitch Bluetooth Remote Control dan kemudian jalankan aplikasinya. Tampilannya seperti gambar dibawah ini.

      Langkah berkutnya adalah mengirim aplikasi untuk di HP agar dapat terkoneksi dengan laptop dengan bluetooth. Cari aplikasi java ( .jar ) yang sudah satu paket dengan software Mobilewitch Bluetooth Remote Control ini. File tersebut berada pada satu direktori file yang sudah terpasang ( C:Program Files/Mobile Witch Remote Control ) Kemudian carilah file java sesuai dengan HP kita. Di sana terdapat 2 aplikasi java, 1 file jad dan satu lagi mobile desktop. File yang kita pilih bisa dikirim via bluetooth ke HP.

      Jalankan aplikasi Mobilewitch Bluetooth Remote Control, aplikasi akan secara otomatis mencari perangkat bluetooth laptop.


            Kemudian klik dan langsung terkoneksi dengan laptop sebagai server dan HP sebagai client.

         Di HP akan ada tampilan menu pilihan seperti Mouse Mode , Keyboard Mode, Application Mode, dan Utilities.
Tahap penginstallan sudah selesai. Selanjutnya kita tinggal memilih menu sesuai dengan kehendak kita.
Mouse Mode               = Menjalankan mouse menggunakan HP.
Keyboard mode           = Remote keyboard dengan ponsel.
Application Mode        = Kita dapat mengendalikan aplikasi di komputer anda seperti explorer, firerox, windows media player, internet explorer, winamp, serta software presentasi power point.
Utilities                         = Untuk menjalankan Command Prompt dan mengirimkan pesan kepadakomputer server yang di remote/kendalikan.

Untuk presentasi powerpoint, slide yang akan kita mainkan harus tampil juga di monitor laptop. Tersedia 3 menu pilihan: Next Slide (maju ke slide berikutnya), Previous Slide (mundur ke slide sebelumnya) dan End Show (keluar dari Slide Show).

Alhamdulillah, satu ilmu telah kita dapatkan. Semoga menjadi sedikit tambahan bekal menghadap Allah kelak. 

Selamat mengajar di Nurul Fikri yang selalu menyenangkan!

1 komentar:

  1. bagus dan top banget pa....tapiiii saya minta tlg lgi pa...gimana cara settingan bluetooth di netbook y pa...ko ga bisa2... :( padahal remote hp dh saya install...

    BalasHapus